Bismillahirrahmanirrahim Artinya: Makna dalam Kehidupan Kita

Bismillahirrahmanirrahim-Artinya

bismillahirrahmanirrahim artinya sangatlah penting dalam Islam. Ini termasuk kata pembuka yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari bagi umat Muslim.

Frasa ini sebenarnya terdiri atas tiga kata yaitu “Bismillah”, “Ar-Rahman”, serta “Ar-Rahim”. Ketiga kata ini tentunya memiliki makna yang berbeda-beda.

Makna Bismillahirrahmanirrahim Artinya

Dalam konteks Islam, “Bismillahirrahmanirrahim” memiliki makna yang mendalam. Berikut ini penjelasan terkait makna setiap kata Bismillahirrahmanirrahim secara terpisah:

  • Bismillah

Kata pertama “Bismillahi” ini terdiri atas dua bagian, yaitu “Bismi” (بِاسْمِ) dan “Allah” (الله). Secara harfiah, arti dari “Bismillah” adalah “dengan nama Allah”.

Pemakaian “Bismillah” sebenarnya menandakan pengabdian atau penyandaran suatu perilaku kepada Allah. Tentu, hal ini juga sebagai ungkapan kesadaran dan niat atas segala sesuatu yang dilakukan karena Allah.

Tujuannya untuk bisa mendapatkan berkah-Nya. Oleh karena itu, sebelum memulai suatu aktivitas sebaiknya ucapkan “Bismillah”. Hal ini karena tindakan tersebut telah dianjurkan dalam Islam. Ini juga sebagai salah satu bentuk pengakuan hadirnya kekuasaan Allah.

  • Ar-Rahman

“Ar-Rahman” (الرَّحْمَن) ini juga masuk ke dalam salah satu dari nama Allah. Di mana menunjukkan sifat Allah yang pemurah, penuh kasih sayang, serta maha pengasih. Jika dilihat dari harfiah, arti “Ar-Rahman” adalah “Maha Pemurah”.

Sebutan Allah sebagai “Ar-Rahman” untuk menekankan rahmat dan kasih sayang-nya yang begitu luas kepada seluruh ciptaan-Nya. Tentu, hal ini tanpa memandang kekafiran atau iman umatnya. Ini juga bersifat universal karena cakupannya  untuk semua makhluk-Nya dengan kasih sayang yang diberikan.

  • Ar-Rahim

“Ar-Rahim” (الرَّحِيم) asalnya sama dari kata “Ar-Rahman”, namun nuansa yang dimiliki sedikit berbeda. Secara harfiah, arti dari “Ar-Rahim” yaitu “Maha Pengasih”.

“Ar-Rahim” ini sifatnya menunjukkan belas kasih Allah dan kasih sayang, secara khusus terhadap umat Islam yang bertakwa serta beriman. Allah senantiasa akan memberikan rahmat-Nya yang berkelanjutan kepada manusia. Terutama, bagi manusia yang selalu berusaha mendekatkan diri kepada-Nya dengan taqwa.

Makna dan Penggunaan Bismillahirrahmanirrahim

Selain makna di atas, ternyata ada makna lainnya yang perlu diketahui. Berikut ini makna dan penggunaan Bismillahirrahmanirrahim dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Memohon Berkah dan Petunjuk

Kata ini juga termasuk salah satu bentuk petunjuk dan permohonan berkah dari Allah. Jika seseorang mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim”, harapannya Allah bisa memberikan petunjuk dan memberkahinya. Terutama, dalam hal kegiatan dan tindakan yang dilakukan.

  1. Mengakui Kekuasaan Allah

Seorang muslim yang mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim”, dapat  dipastikan sudah mengakui hadirnya Allah di dunia. Kandungan frasa ini menjelaskan segala sesuatu dimulai dengan nama Allah yang maha Pengasih dan maha Pemurah.

  1. Memahami Sifat-sifat Allah

“Ar-Rahim” dan “Ar-Rahman” merupakan dua sifat Allah paling utama. Di mana sifat ini berkaitan dengan rahmat, kasih sayang, serta belas kasih-Nya terhadap seluruh manusia ciptaannya. “Bismillahirrahmanirrahim” juga bisa menjadi pengingat bahwa Allah memiliki sifat yang patut dicontoh bagi Muslim.

  1. Mensucikan Niat

Apabila  suatu aktivitas diawali “Bismillahirrahmanirrahim”, tentu orang tersebut telah menyucikan tindakannya. Sebab, tujuan utama dari semua pekerjaan yang dilakukan untuk mencari ridhonya Allah.

  1. Pembukaan Aktivitas

Sebelum beraktivitas seharian, “Bismillahirrahmanirrahim” juga bisa digunakan seperti minum, makan, bekerja. Bahkan, dalam memulai tugas lainnya, ini sebagai bentuk mengingat Allah.

  1. Dalam Ritual Keagamaan

Sebelum baca Alquran, “Bismillahirrahmanirrahim” juga sering digunakan. Selain itu, menjalankan ibadah lainnya atau sholat, ini sebagai bentuk ketergantungan dan niat suci terhadap Allah.

Dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim” setiap hari, tentu bisa menjadi salah satu  cara untuk menjaga kesadaran spiritual melalui Allah. Melalui makna Bismillahirrahmanirrahim artinya sebagai umat Islam harus terus mengagumi Allah.

Related posts