5+ Contoh Kaligrafi Unik Cocok Jadi Hiasan Dinding 2024

Contoh-Kaligrafi

Berencana melakukan perubahan suasana di rumah atau kamar? Bosan dengan background modern dan ingin ganti konsep Islami? Jika iya, ada rekomendasi yang patut ditiru, yakni membuat contoh kaligrafi unik untuk dipajang.

Secara pengertian, kaligrafi ialah seni tulisan yang sudah muncul sejak jaman kuno. Lebih tepatnya mulai dari Jazirah Arab. Umumnya, kaligrafi Arab ini banyak memakai referensi ayat-ayat Al-Quran. Adapun inilah 6 model yang sangat digemari.

6 Contoh Kaligrafi yang Simpel Tapi Elegan

Menghadirkan kaligrafi di salah satu ruangan dapat memunculkan eksitensi ketenangan tersendiri. Sebab, ayat-ayat Al-Quran memang memiliki keutamaan masing-masing. Sementara, untuk yang paling rekomendasi adalah sebagai berikut.

  • Tulisan Alhamdulillah

contoh kaligrafi pertama adalah tulisan Alhamdulillah. Sebagai umat Islam pasti sudah mengetahui, jika kalimat ini memiliki makna khusus yakni rasa syukur terhadap nikmat Allah SWT.

Nikmat ini tidak hanya sebatas kesenangan, kebahagiaan, rezeki, pasangan, makanan, dan lain sebagainya. Akan tetapi juga nikmat berupa kesedihan, sakit, keresahan, dan masalah-masalah lainnya.

Kenapa bisa demikian? Dengan menyebut bismillah, itu tandanya seseorang ikhlas dengan apa yang diberikan oleh Tuhannya. Memang inilah tujuan Allah SWT menurunkan semua hal untuk manusia. Agar mereka selalu ingat pada Tuhannya dalam keadaan apapun.

  • Tulisan Nama Muhammad SAW

Biasanya, tulisan nama Muhammad SAW selalu ada di dinding ruang tamu. Namun, disisi lain kaligrafi ini dapat ditempatkan di kamar atau ruangan yang pantas. Sebab, melalui tulisan singkat tersebut, manusia bisa mengetahui bahwa ada seorang Rasul yang sangat memperjuangkan Islam dan mencintai umatnya.

Bahkan, perjuangannya tersebut tidak bisa ternilai oleh apapun yang ada di dunia. Sosok penyabar yang tidak pernah membenci orang lain dapat menjadi panutan untuk semua orang.

  • Tulisan Asmaul Husna

Asmaul husna menjadi satu contoh kaligrafi yang bisa dibuat. Asmaul husna sama dengan nama-nama baik Allah SWT. Dimana dengan menempatkan salah satu sifatnya, itu akan membuat seseorang selalu teringat akan Tuhannya. Penguasa diantara para penguasa.

Tak hanya hiasan saja, tulisan singkat tersebut mampu menampar seseorang agar mau bertaubat serta tetap berada di jalan yang lurus, yakni sesuai aturan agama Islam.

  • Tulisan Allah SWT

Nah, ini contoh yang paling besar, mewah, namun simpel. Kaligrafi Allah SWT bisa diletakkan di ruang tamu, ruang keluarga, ruang beribadah, hingga kamar. Melihat tulisan tersebut, alangkah baiknya jika setiap langkah selalu melibatkan Tuhan. Jangan pernah mengecewakan, meski sesungguhnya Allah SWT maha pemaaf.

  • Tulisan Syahadat

Tulisan syahadat adalah kalimat pertama yang terdapat dalam rukun islam. Orang-orang yang ingin pindah ke agama Islam juga harus mengucapkan kalimat tersebut karena termasuk salah satu syaratnya.

Biasanya, kaligrafi syahadat akan ditempatkan di dinding dengan ukuran yang snagat besar. Tampak keren serta elegan.

  • Tulisan Ayat Kursi

contoh kaligrafi yang terakhir adalah tulisan ayat kursi.  Meski ayat-ayatnya panjang, namun kaligrafi jenis ini sangat populer. Banyak yang menginginkannya agar dapat ditempelkan di dinding ruangan. Setidaknya, dengan ayat ini, penghuni rumah bisa selalu mengingat ayat suci yang memiliki banyak keutamaan.

Adakah Salah Satu Contoh Kaligrafi yang Cocok?

Dari ke-6 contoh kaligrafi, adakah yang cocok dan menarik perhatian? Sebenarnya bisa juga memakai ayat-ayat yang lain. Semua tergantung dari keinginan dan selera masing-masing. Akan tetapi, alangkah baiknya jika gambar tersebut tidak hanya hiasan saja, melainkan juga pengingat agar tidak berbuat keburukan.

Related posts