Aspek Tulisan Bismillah dan Pengaplikasiannya di Kehidupan 

Tulisan-Bismillah

Dalam bahasa arab, tulisan Bismillah berarti “Dengan menyebut nama Allah”. Basmalah atau bismilah ini merupakan salah satu tulisan bismillah rasa pembuka yang banyak sekali dimanfaatkan oleh umat Muslim.

Seringkali, tulisan ini diucapkan sebelum memulai aktivitas. Ini juga menjadi pendahuluan penghormatan dan pujian terhadap Allah.

Kenali Aspek Tulisan Bismillah

Secara harfiah, kata “Bismillah” (بِسْمِ اللَّهِ) memiliki makna mendalam yang menunjukkan kepatuhan dan pengakuan terhadap Tuhan. Berikut beberapa aspek yang berhubungan dengan Tulisan Bismillah:

  1. Aspek Psikologis

Pengucapan Basmalah juga memberikan efek positif terhadap emosional atau kesehatan mental seseorang. Tindakan ini dapat mengurangi keraguan serta rasa cemas. Hal ini tentunya dilakukan dengan keyakinan bahwa semua yang terjadi di muka bumi atas kehendak Allah.

Selain itu, kata ini nantinya juga bisa membuat batin seseorang menjadi lebih tenang. Terutama, bagi seseorang yang selalu ingat dengan Allah. Sebab, Allah selalu bersama dengan orang yang percaya akan kehadirannya.

Ucapan Basmalah juga dapat membuat seseorang lebih sadar bahwa semua aspek kehidupannya bergantung pada Allah. Tentu, hal tersebut untuk membuat seseorang menerima takdir hingga memberikan rasa damai.

  1. Aspek Spiritual

Bagi orang Islam, Bismillah ini mempunyai banyak sekali sekali manfaat spiritual. Misalnya saja, memberikan kesadaran akan hadirnya Allah di setiap aktivitasnya. Sebab, seluruh aktivitas yang dijalaninya pasti diawasi oleh Allah.

Frasa Basmallah juga dapat membuat ibadah seseorang menjadi lebih berkualitas. Sebab, ucapan ini biasanya dilakukan ketika menjalankan ibadah atau baca Alquran. Tindakan ini nantinya akan menunjukkan kesungguhan serta niat suci dalam mengabdikan diri kepada Allah.

Selain itu, kata ini juga dapat membuat seseorang lebih suci karena segala sesuatunya diniatkan untuk mendapatkan ridho Allah. Ucapan ini diyakini bisa melindungi diri dari godaan setan ketika melakukan aktivitas apapun.

  1. Aspek Etika dan Sosial

Dalam budaya Islam, pemakaian Bismillah tentu akan membawa implikasi etika maupun sosial. Misalnya saja, ketika seseorang ingin melakukan suatu tindakan seperti memasuki rumah orang lain atau makan pasti harus menunjukkan sopan santun dengan membaca bismillah terdahulu.

Pengaplikasian Bismillah di Kehidupan Sehari-sehari

Frasa Basmalah (بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ) sebenarnya sangat mudah ditemukan di berbagai tempat atau benda di sekitar manusia. Untuk lebih jelasnya, berikut sudah ada beberapa tempat atau benda yang sering menggunakan Bismillah:

  1. Al-Qur’an dan Masjid 

Umat Islam pasti sudah tahu bahwa Al-Qur’an diawali dengan kalimat Basmallah terkecuali surah At-taubah. Selain itu, tulisan ini juga bisa ditemukan sebagai dekorasi masjid seperti kaligrafi yang ada di dindingnya.

  1. Rumah dan Lingkungan Publik

Di rumah umat Islam, juga banyak ditemukan hiasan bacaan Bismillah. Bahkan, terkadang tulisan ini digunakan pada negara yang mayoritas muslim. Misalnya saja, untuk dekorasi publik, bangunan penting, serta tanda jalan.

  1. Buku

Kini di dalam buku juga mengandung bacaan Bismillah, terutama buku islami. Tujuannya untuk bisa memperoleh keberkahan dalam menulis maupun membaca buku tersebut.

  1. Doa

Dalam Islam, doa juga telah mengandung bacaan Bismillah yang diletakkan di awal kalimat. Contohnya saja seperti doa sebelum perjalanan, doa sebelum mengerjakan sesuatu dan masih banyak lainnya.

Dengan demikian, aspek dari pengaplikasian Bismillah ini sangat penting diketahui dan dipahami oleh seluruh umat Islam. Tulisan Bismillah juga sebenarnya dapat menyatakan kesadaran akan kehadiran Allah, ketaatan, serta harapan di seluruh aspek kehidupan.

Related posts