Mau Membuat Tulisan Kaligrafi Keren? Inilah Tips-Tipsnya

Tulisan-Kaligrafi

Tampak sekedar gambar dan tulisan, tetapi siapa sangka jika membuat tulisan kaligrafi keren membutuhkan teknik khusus dan keuletan. Mungkin ada yang pernah mencoba?

Sebelum langsung ke tips-tipsnya, ada yang perlu diperhatikan disini. Membuat kaligrafi yang bagus perlu peralatan yang lengkap dan mumpuni. Salah satunya adalah pensil 2b, kertas tebal, penghapus, dan elemen lainnya.

Tips yang Benar Untuk Membuat Tulisan Kaligrafi Keren

Membuat tulisan kaligrafi keren tidak akan sesulit itu, kalau mematuhi beberapa tips yang ada di bawah ini. Langsung baca semuanya sampai akhir.

  1. Buat Sketsa Tipis-Tipis

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah menciptakan sketsa dengan garis tipis-tipis. Sketsa tersebut nantinya yang akan menjadi cikal bakal kaligrafi. Mengapa harus garis tipis?

Sebab jika langsung memakai garis tebal dan ada kesalahan, proses penghapusan sketsa akan terasa lebih sulit. Bahkan bekasnya dapat mengurangi tampilan kaligrafi.

Lalu, tujuan sketsa garis adalah menjadi patokan dalam penulisan. Sehingga, huruf yang dibuat tidak akan terlalu melenceng jauh dari bentuk awalnya.

  1. Buat Huruf per Huruf Sesuai Contoh

Ketika membuat tulisan kaligrafi keren, pasti akan memakai contoh terlebih dahulu. Tolong, tahap ini perlu diperhatikan secara detail. Apa saja huruf yang ada dan apa yang harus dilakukan untuk menciptakan gambar dengan baik.

Tidak perlu banyak modifikasi terlebih dahulu. Ikuti saja contoh yang menjadi referensi. Dengan begitu, gambar kaligrafi akan tetap tampak keren sekalipun baru pertama kali membuatnya.

  1. Pegang Pensil dengan Baik dan Benar

Tahap ketiga, perihal memegang pensil. Sepele tampaknya, namun teknik tersebut dapat mempengaruhi hasil akhir.

Khusus teknik memegang pensil, tidak perlu mengikuti orang lain. Cari tahu gaya sendiri. Mungkin membutuhkan waktu untuk ganti-ganti gaya. Akan tetapi, jika sudah pas dan nyaman pasti akan menemukan teknik yang sesuai dengan hasil yang bagus juga.

Jangan mengeluh apabila belum menemukan titik tepatnya. Sebab, banyak seniman yang memerlukan waktu sampai bertahun-tahun hanya untuk mendapatkan teknik menggambar yang sesuai dengan dirinya.

  1. Perhatikan Urutan

Kaidah membuat tulisan kaligrafi keren pada dasanya mirip. Pertama sketsa, kedua menebalkan, ketiga finshing. Namun, kalau dilihat, ada sejumlah gambar yang hasilnya kurang memuaskan serta sebaliknya.

Apa rahasianya? Tahapan keempat ini rahasianya. Perhatikan urutan dan jangan asal coret. Jangan terlalu fokus pada kecepatan, melainkan lebih fokus pada ketepatan dan hasil.

Lihatlah kembali contoh-contoh referensi agar meminimalkan kesalahan. Urutan coret mencoret tidak hanya memastikan bagian per bagian ayat terhubung. Namun juga memastikan bahwa gambar bisa tampak lebih hidup.

  1. Terus Melatih Tangan

Tips terakhir adalah terus berlatih. Melalui latihan, seseorang yang pada awalnya tak mengerti apapun dapat menjadi professional. Persoalan menciptakan kaligrafi terlelat pada kepandaian penggoresan tangan.

Semakin handal tangan memakai pensil dan menciptakan karya, maka akan membuat gambar semakin indah. Jadi, agar mampu membuat kaligrafi keren, terus berlatih dan jangan menyerah.

Perbanyak membaca teknik menggambar kaligrafi dan bagaimana penerapan yang benar. Dengan begitu, sedikit demi sedikit ilmu tentang menciptakan kaligrafi bisa tertanam dan secara otomatis akan terbentuk dengan sendirinya.

Siap Menerapkan Tips-Tips Tulisan Kaligrafi Keren?

Kelima tips membuat tulisan kaligrafi keren bisa dicontoh. Kunci utamanya disini adalah bagaimana seniman mampu mengubah tulisan biasa menjadi aesthetic dan bernilai jual. Meski tidak untuk diperjualbelikan, namun tonjolkan seni-seni yang mengandung makna tersendiri. Terus coba untuk menciptakan hasil luar biasa.

Related posts